Sabtu, 21 November 2015

MUSIKALISASI PUISI



Puisi. Hmm puisi adalah kata yang tidak asing lagi di telinga kita bukan? Banyak orang yang menyukai puisi namun banyak juga orang yang tidak menyukai puisi. Mengapa? Ada banyak orang yang berfikir bahwa membuat puisi itu sulit dan membacanya pun sulit. Mereka beranggapan puisi itu sulit dipahami karena menggunakan bahasa konotasi dan saat membacanya harus menjiwai serta menggunakan bahasa tubuh. Apa sih puisi itu? Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang padat dan hemat dalam penggunaan kata-kata dan disusun menurut syarat-syarat tertentu dengan menggunakan irama, sajak, dan kata kiasan. Sebenarnya ada cara lain dalam penyampaian puisi, yaitu dengan cara memusikalisasi puisi. Dengan memusikalisasi puisi orang akan lebih menyukai dan menikmati puisi. Namun sebenarnya apa sih musikalisasi puisi itu? Musikalisasi puisi adalah membaca puisi dengan diiringi musik yang sesuai dengan tema dan suasana yang tergambar dalam puisi tersebut. Hanya puisilah yang dapat dimusikalisai sedangkan karya sastra tulis lain tidak dapat. Bagaimana sih cara memusikalisasi puisi? Berikut cara agar dapat memusikalisasi puisi :
1.      Menentukan puisi yang akan dimusikalisasi
2.      Membaca isi puisi dan memahami maksud dari puisi tersebut agar dapat memahami suasana yang terkandung apakah suasana sedih atau senang.
3.      Menentukan alat musik yang akan digunakan dalam memusikalisasi puisi.
4.      Menentukan notasi nada yang akan digunakan.
      Perlu diingat bahwa mengubah sebuah puisi menjadi musikalisasi puisi tidaklah mudah namun bila terus berlatih dan mencoba maka kita akan dapat memusikalisasi puisi. Banyak yang beranggapan bahwa dalam memusikalisasi puisi haruslah menggunakan gitar padahal tidaklah harus begitu, banyak alat musik yang dapat digunakan bahkan menggunakan mulut pun bisa.

0 komentar:

Posting Komentar