Senin, 30 November 2015

ANTARA KEBIASAAN DAN KEBENARAN

Setiap tahun pasti umur kita bertambah, bertambah disini artinya bertambah besar dan semakin dewasa namun, perlu diketahui sebenarnya setiap tahun umur kita ini berkurang bukan bertambah. Berkurang untuk tinggal di dunia dan semakin dekat dengan kematian. Banyak hal-hal yang dijadikan kebiasaan padahal hal tersebut belum tentu benar. Dengan bertambahnya umur setiap tahun seringkali mereka rayakan dengan cara mengajak teman-temannya datang berkumpul untuk melaksanakan pesta ulang tahun dan dibarengi dengan tiup lilin.
Dalam islam tidak ada acara seperti itu, perbuatan itu merupakan perbuatan yang meniru-niru budaya kaum kafir. Hal yang lebih parahnya adalah seringkali mereka jadikan momen saat ulang tahun itu momen untuk memperkenalkan pacar barunya kepada semua teman sebayanya. Perbuatan itu melanggar eksistensi diri sebagai muslim yang beradab.
Alangkah baiknya jika kita membiasakan kebaikan bukan membaikkan kebiasaan. Wujud dari membiasakan kebaikan dapat dilakukan dengan membiasakan merubah diri menjadi semakin baik dan berdoa serta bersyukur atas apa yang masih dimiliki. Membaikkan kebiasaan contohnya hal tadi yang membaikkan kebiasaan yang tidak baik. Membiasakan kebaikan selalu lebih baik daripada membaikkan kebiasaan (ilmu yang didapat dari seorang guru).
Ada buku yang menjelaskan mengenai perayaan hari-hari yang tidak disyariatkan agama. Jika melihat kalender, banyak tanggal-tanggal merah selain hari minggu dan selain hari raya islam hingga membuat sekolah dan aktivitas kerja diliburkan. Ada yang berpendapat bahwa hari seperti itu melanggar syara’ dan tidak boleh dilakukan karena 3 hal yaitu :
a. Bid’ah dan tidak disyariatkan dalam agama.
b. Bagi umat islam hanya ada dua hari raya yaitu hari raya idhul fitri dan idhul adha. Sebagaimana disebutkan dalam Ash-Shahihain :”Sesungguhnya setiap kaum memiliki hari raya dan ini adalah hari raya kita”.
c. menyerupai dan meniru-niru kaum kafir

Banyak hal-hal yang kita tidak ketahui mengenai kebiasaan yang dilakukan, apakah kebiasaan itu benar ataukah salah. Melakukan kebiasaan yang baik memang baik namun membedakan dan memilih kebiasaan yang baik adalah hal yang paling baik.

0 komentar:

Posting Komentar