Selasa, 15 Maret 2016

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI


TEKS EKSPLANASI
Pengertian
Teks ekplanasi adalah sebuah karangan yang isinya berupa penjelasan – penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena – fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari – hari. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi sejelas – jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi.

Ciri – Ciri
Suatu teks dapat dikatakan sebuah teks ekplanasi jika memiliki ciri – ciri seperti berikut:
1.  Memuat informasi – informasi fakta,
2. Membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau ilmu pengetahuan.
3. Bersifat informative dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang dibahas di dalam teks.
4. Memiliki / menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Ekplanasi
Teks ekplanasi terdiri dari bagian – bagian seperti di bawah ini :
1. General Statement / Pernyataan umum
Bagian pertama teks ekplanasi adalah general statement atau yang disebut juga dengan pernyataan umum. Bagian ini menyampaikan topik atau permasalahan yang akan di bahas pada teks ekplanasi yang berupa gambaran umum mengenai apa dan mengapa suatu fenomena tersebut bisa terjadi. General statement ini harus ditulis semenarik mungkin agar para pembaca bisa tertarik untuk membaca isi teks secara keseluruhan.

2. Sequence of Explanation / Deretan Penjelas
Bagian ini mengandung penjelasan – penjelasan mengenai sebuah topik yang akan dibahas secara lebih mendalam. Bagian ini ditulis untuk menjawab pertanyaan how, bagaimana dan urutan sebab – akibat dari sebuah fenomena yang terjadi. Bagian ini biasanya ditulis dalam 2 atau 3 paragraf serta pada bagian ini, terdapat penjelasan yang detail dari suatu fenomena yang dibahas secara mendalam dan berdasarkan urutan waktu.

3. Interpretasi 
Bagian terakhir dari teks ekplanasi adalah interpretasi yang mengandung intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas. Di dalam bagian ini juga bisa ditambahkan saran atau juga tanggapan penulis mengenai fenomena tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi
Banjir
Pernyataan Umum
Banjir adalah gejala alam yang menyebabkan suatu daerah menjadi tergenang oleh air yang sangat banyak. Banjir merupakan gejala alam yang dapat menimbulkan kerusakan dan kerugian yang tidak sedikit.

Deret Penjelas
Banjir dapat disebabkan oleh alam dan manusia. Banjir yang disebabkan oleh alam dapat terjadi apabila curah hujan yang cukup tinggi dan apabila pasang surut air laut. Sedangkan yang disebabkan oleh manusia dapat terjadi apabila membuang sampah sembarangan dan menebang pohon secara liar atau penggundulan hutan.
Banjir dapat menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Banyak sekali sarana prasarana rusak sehingga tidak bisa digunakan lagi, harta benda yang rusak karena terendam banjir, bahkan nyawa manusiapun bisa melayang karena terbawa arus atau genangan air yang cukup tinggi dan deras.

Interpretasi
Untuk mencegah terjadinya banjir, kita harus menjaga lingkungan dan melestarikannya, kita juga harus menanam kembali (reboisasi) hutan yang gundul akibat ulah tangan manusia, dan kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena dapat mengakibatkan saluran air atau sungai menjadi tersumbat.


0 komentar:

Posting Komentar