Sabtu, 12 Maret 2016

STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Berbekal pengalaman soal TO bahasa Indonesia 2016, akhirnya tertarik untuk menulis mengenai struktur teks. Teks pertama yang akan dibahas kali ini adalah Teks Laporan Hasil Observasi.

Pengertian
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang menjelaskan secara umum atau melaporkan suatu hasil dari kegiatan observasi yang dilakukan. Teks laporan hasil observasi memilik terdiri dari: definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Informasi yang disajikan dalam teks laporan hasil observasi sifatnya faktual atau berdasarkan kenyataan (fakta).
Teks laporan hasil observasi disebut juga teks klasifikasi  karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Perlu diingat! Teks laporan hasil observasi berbeda dengan teks deskripsi, yang perbedaannya terletak pada sifatnya. Teks ini menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum seperti benda, hewan, tumbuhan, manusia atau peristiwa alam.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
1.      Definisi Umum
Berisi tentang pengertian atau konsep dasar dari apa yang diobservasi atau topik yang diangkat.Misalnya teks observasi ‘Kebersihan Lingkungan’, berarti harus menjabarkan terlebih dahulu tentang definisi atau konsep kebersihan lingkungan secara umum.
2.      Deskripsi Bagian
Berisi tentang bagian bagian yang lebih detail tentang konsep atau atau isi dari topik yang dijadikan laporan.
3.      Deskripsi Manfaat
Berisikan tentang manfaat dari objek observasi atau manfaat apa yang bisa diambil dari proses observasi yang telah dilakukan.
Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
1.      Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
2. Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
3.      Merupakan sumber informasi
4.      Merupakan bahan untuk dokumentasi
Ciri-Ciri Umum Teks Laporan Hasil Observasi
1.      Bersifat objektif(sesuai kenyataan), bersifat informatif(dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa) dan bersifat komunikatif
2.      Harus ditulis berdasarkan fakta yang terjadi saat pengamatan
3.      Tidak mengandung hal-hal yang bersifat menyimpang, dugaan yang tidak tepat
4.      Ditulis secara lengkap dan sempurna
5.      Sifatnya universal dan global
Laporan Hasil Observasi dikatakan ideal jika:
1.      Memiliki struktur teks yang lengkap
2.      Memanfaatkan konjungsi atau kata hubung yang tepat
3.      Pengelompokkan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu
Ciri / Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Untuk membedah teks laporan hasil observasi secara lebih mendalam, kita dapat mengupas dari sisi kebahasaan seperti istilah, sinonim, antonim, frasa, jenis kata, konjungsi, bahkan sampai mendefinisikan kata atau istilah dalam teks tersebut.
  1. Frasa/kelompok kata
  2. Konjungsi dan,tetapi
  3. Kalimat simplek ( kalimat yang terdiri dari satu verba)
  4. Kalimat kompleks (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih verba)
  5. Kata kerja/ verba
  6. Kata benda/ nomina
  7. Menggunakan berbagai istilah
  8. Persamaan kata/ sinonim
  9. Lawan kata/ antonim
Syarat Penyusunan Teks Hasil Observasi:
      1. Lengkap
      2. Informatif
      3. Tidak berisikan kesimpulan
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Cinta Lingkungan Hidup
Definisi Umum
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Deskripsi Bagian
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuhan dan hewan yang khas seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan dan komodo.
Deskripsi Manfaat
Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

oke, segini dulu aja. Dilanjut lagi postingan selanjutnya mengenai Teks Deskripsi dan teks lainnya. Semoga bermanfaat ya....

0 komentar:

Posting Komentar