TEKS EKSPOSISI
Pengertian
Teks
Eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang memiliki
kandungan berupa informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam
bentuk yang padat, singkat dan jelas.
Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.
Jenis-Jenis Teks Eksposisi
- Eksposisi definisi
- Eksposisi Proses
- Eksposisi Klasifikasi
- Eksposisi Ilustrasi
- Ekskposisi Perbandingan
- Eksposisi Laporan
Ciri-Ciri Teks Eksposisi
- Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
- Gaya informasi yang mengajak
- Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang
baku
- Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis
terhadap pembaca
- Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat
kontritasi
Struktur Teks Eksposisi
- Tesis (Pembukaan)
- Argumentasi (Isi)
- Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan
teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi
tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.
Contoh Teks Eksposisi
Perubahan
Kurikulum Pendidikan di Indonesia
Tesis:
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini
mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan
dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana,
kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun
tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana
mestinya.
Argumentasi:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013
diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah
berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah
Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi
syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan
bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan,
keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific
approach. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan
antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada
manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang
dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta. Musliar
Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa
Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini,
peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan
kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa
Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap
peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Meutia Hatta, Anggota Dewan
Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk
membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain
itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar
mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa
Indonesia dan berkualitas.
Penegasan Ulang:
Namun, ternyata banyak juga masyarakat
yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap
sangat mendadak dan di paksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini
kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi
pokok yang berbeda. Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih
sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik
akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara
utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi
bingung.
Di atas segalanya, harus kita akui
bahwa dalam setiap perubahan tentunya memiliki sisi positif dan negatif, serta
tidak semua orang suka akan perubahan. Kita berharap dengan perubahan
berlakunya kurikulum 2013 ini akan dihasilkan generasi Indonesia menjadi lebih
maju, kreatif, inovatif, produktif,dan berkualitas.
0 komentar:
Posting Komentar